Senin, 14 November 2011

sukabumi travel

SUKABUMITRAVEL.COM Curug Cibeureum terletak tak jauh dari Pondok Halimun, menurut sejarah, Cibeureum itu berasal dari dua kata: Ci=Air Beureum=Merah, jadi Cibeureum itu artinya air yang berwarna merah. Diberi mana tersebut karena menurut masyarakat setempat, jika curugnya terkena sinar matahari di pagi hari, warnanya akan berubah kemerah-merahan, untuk itulah curug tersebut diberi nama Curug Cibeureum.
Curug Cibeureum
Curug Cibeureum
Curug Cibeureum terletak di sebelah utara Pondok Halimun. Untuk sampai kesana kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Sepanjang jalan kita akan disuguhi aliran sungai yang masih jernih, pohon-pohon besar yang memayungi kita selama perjalanan, jika anda beruntung anda akan melihat satwa langka ‘lutung’.
Curug Cibeureum
Curug Cibeureum

Pondok Halimun

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Pondok Halimun atau lebih dikenal dengan sebutan PH, terletak di wilayah Sukabumi sebelah utara, berjarak sekitar 12KM dari pusat kota Sukabumi. Hawanya sejuk karena berada di ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan laut.
Gerbang Pondok Halimun
Gerbang Pondok Halimun
CARA MENUJU KE PONDOK HALIMUN
Untuk menempuh kesana, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Saya sarankan jangan menggunakan mobil jenis sedan, karena kondisi jalan di titik-titik tertentu kurang bagus.
Menggunakan mobil pribadi
Dari pusat kota anda harus melalui jalan Salabintana, perhatikan petunjuk jalan, setelah beberapa kilometer nanti ada pertigaan, lalu belok ke kiri arah Pondok Halimun. Setelah sampai di Pondok Halimun anda harus membayar di dua loket yang berbeda. Jangan takut tidak kebagian tempat parkir, karena area parkir cukup luas.
Menggunakan angkutan umum
Jika anda ingin hemat, anda bisa menggunakan angkutan umum yang telah disediakan, jika anda dari luar kota dan menggunakan bus umum, anda turun saja di terminal, lalu menggunakan angkutan kota warna putih (No 14), turun di jalan Siliwangi, kemudian naik angkot warna merah jurusan Salabintana (No 10), sebelumnya bilang dulu ke sopir, angkotnya masuk ke Pondok Halimun atau tidak. Cari angkot yang langsung ke Pondok Halimun, memang ongkosnya dua kali lipat, tapi ini untuk menghemat waktu.
Perkebunan teh Pondok Halimun
Perkebunan teh Pondok Halimun
APA YANG BISA DILAKUKAN DI PONDOK HALIMUN?
Tea walk
Kita bisa menikmati perkebunan teh yang luas dengan berjalan kaki, tempat yang pas untuk berfoto, refreshing sambil menikmati perkebunan teh,
Perkebunan teh Pondok Halimun
Perkebunan teh Pondok Halimun
Berkemah dan Menginap
Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyediakan sarana berkemah bagi para wisatawan yang ingin menikmati sejuk dan bersihnya udara di kawasan Pondok halimun. Namun jika anda tidak kuat tidur di tenda, ada beberapa penginapan sederhana yang bisa digunakan untuk menginap.
Bersepeda
Hal yang menarik yang bisa dilakukan di Pondok Halimun adalah bersepeda, hampir setiap minggu baik klub sepeda ataupun perorangan yang mengayuh sepedanya kesini, dengan menggunakan sepeda kita bisa menjelajah perkebunan the Pondok Halimun yang luas, bayangkan kalau hanya berjalan kaki.
Bersepeda sepanjang Pondok Halimun
Bersepeda sepanjang Pondok Halimun
Dari perkebunan teh Pondok Halimun kita bisa tembus ke Goalpara atau ke Situgunung. Kalau anda hobi bersepeda sekaligus menikmati keindahan alam, Pondok Halimun menjadi lokasi yang tepat untuk anda.
Berfoto
Hamparan luas perkebunan teh Pondok Halimun kerapkali menjadi daya tarik para fotografer. Tempat ini tidak jarang digunakan untuk lokasi pemotretan model, preweding, dll. Jadi jangan lupa, kalau anda berkunjung ke Pondok Halimun, usahakan membawa kamera digital, agar momen indah anda bersama teman, kerabat, sahabat dan keluarga tidak terlupakan begitu saja.
Apa yang menarik di Pondok Halimun?
Selain menikmati hamparan perkebunan teh, kita bisa menikmati segarnya Curug Cibeureum di sebelah utara Pondok Halimun. Untuk mencapai kesana, kita harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer, melewati hutan yang rimbun dan sungai-sungai yang jernih.
Curug Cibeureum, Pondok Halimun. Sukabumi.
Curug Cibeureum, Pondok Halimun
Jangan lupa membawa bekal makanan, karena di lokasi Curug Cibeureum jarang sekali pedagang makanan, kalaupun ada harganya bisa dua kali lipat dari harga normal. Jika anda kelelahan di tengah jalan, anda bisa istirahat sejenak dan menikmati perbekalan makanan sambil mencelupkan kaki anda ke sungai.
Selamat menjelajah Sukabumi :)

Pantai Cimaja

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Pantai Cimaja sudah bukan nama yang asing bagi para surfer, Cimaja kerap kali dikunjungi surfer lokal dan asing untuk berselancar. Cimaja kerap kali menjadi bahan pembicaraan antar mereka. Tak salah jika Cimaja masuk dalam jajaran pantai yang memiliki ombak terbaik untuk surfing.
Pantai Cimaja, Palabuhanratu. Sukabumi. Sukabumi Travel
Pantai Cimaja, Palabuhanratu. Sukabumi.
Pasirnya yang putih dan bebatuan yang terhampar di pinggir pantai menambah keindahan para turis untuk berkunjung kesana.
Pantai Cimaja, Palabuhanratu. Sukabumi
Pantai yang terletak di wilayah selatan Sukabumi ini bisa digunakan baik oleh surfer pemula maupun yang sudah mahir, bisa dijangkau selama 15 menit dari Palabuhanratu dan berjarak sekitar 120 KM dari Jakarta.

Wisata pegunungan Situgunung

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Situgunung salah satu obyek wisata pegunungan yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara, hawanya yang masih sejuk, fresh, belum banyak polusi menjadi salah satu daya tariknya.
Danau buatan Situgunung

Cara menuju Sukabumi

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Bis
Sukabumi bisa dicapai dari Jakarta, Bogor, Cianjur atau Bandung menggunakan bus umum. Terminal bus Sukabumi ada Terminal Sudirman, beralamat di Jl. Jend Sudirman.
Kereta
Sukabumi bisa diakses menggunakan kereta api dari Bogor. Kereta yang melayani hanya satu, yaitu ekonomi.

Wisata Pantai Ujung Genteng

<p>Your browser does not support iframes.</p> Pantai Ujung Genteng, siapa yang belum mendengar pantai yang eksotis ini. Bagi wisatawan pecinta pantai, bukan sesuatu yang asing lagi bagi mereka, bahkan banyak diantaranya yang sering berwisata kesana.
Pantai Ujung Genteng, Sukabumi.
Ujung Genteng memiliki panorama pantai yang indah, pantainya yang masih bening dan bersih menjadi tujuan wisata favorit di Sukabumi. Tak salah jika pantai Ujung Genteng menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia, kunjungan wisatawan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menjadi pembenaran akan hal ini.
Melepas Tukik di Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng. Sukabumi.
Apa yang menarik dari Ujung Genteng? ternyata ada daya tarik lain selain pantainya, yakni penyu. Ujung Genteng memiliki penangkaran penyu yang dikelola oleh pemda, letaknya di Pantai Pangumbahan. Para pengunjung bisa melihat penyu bertelur, bahkan pada saat-saat tertentu bisa melepas tukik (anak penyu) ke laut. Luar biasa bukan?
Keindahan Pantai Ujung Genteng rupanya sudah lama tercium oleh para pecinta fotografi, coba saja anda cari foto-foto hasil jepretan mereka menggunakan google, banyak sekali foto-foto yang diambil dari sana.
Sunset di Ujung Genteng, Sukabumi
Pantai Ujung Genteng terletak di wilayah selatan Sukabumi, berada pada wilayah administratif Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai Ujung Genteng cukup mudah, dari Jakarta anda bisa melewati Ciawi-Cicurug-Cibadak, Surade, dengan lama perjalanan sekitar 5-6 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar